Minggu, 07 Oktober 2012

Apa Itu Amnesia?


Oleh : Muhamad Erza Wansyah*

Amnesia adalah keadaan seseorang yang kehilangan ingatan, mungkin sebagian atau seluruhnya, untuk sementara waktu atau selama-lamanya, mungkin karena sebab-sebab organis atau psikologis. (Baihaqi, dkk. 2007). Secara gamblang dijelaskan bahwa amnesia merupakan gangguan ingatan.

Dalam film-film, amnesia diidentikan dengan kehilangan identitas diri, namun realitanya, amnesia tidak selamanya menyebabkan penderitanya mengalami lupa identitas dirinya kecuali saat dalam kondisi yang akut. Kehilangan ingatan yang biasa diidentikan dengan amnesia adalah salah satu akibat yang ditimbulkan oleh terhambatnya proses pemanggilan kembali informasi yang masuk. Sehingga, membuat penderita tersebut seolah-olah tidak pernah mengingat sesuatu.

Dilansir dari kompas.com, Kebanyakan dari mereka dengan amnestic syndrome memiliki masalah dengan ingatan jangka pendek. Mereka tidak dapat menerima informasi baru. Banyak juga yang memiliki beberapa tingat lemahnya daya ingat. Ingatan yang telah lampau seperti hilang, padahal masih ada dan tersimpan secara tidak disadari. Beberapa dari mereka dapat mengingat pengalaman masa kecil atau mengetahui nama presiden sebelumnya, tetapi tidak dapat mengingat nama presiden pada saat ini atau contoh lain adalah apakah mereka sudah sarapan.

Mereka yang menderita amnesia biasanya memiliki pengetahuan umum, kesadaran, perhatian, penilaian, kepribadian yang relatif sama. Mereka masih dapat berjalan, memegang sendok, mengenderai sepeda atau membaca sekalipun. Kadangkala, mereka mengerti bahwa dirinya sedang mengalami gangguan ingatan.

Amnesia memiliki perbedaan dengan demensia. Demensia seringkali dikaitkan dengan kehilangan ingatan. Pada demensia, penderita tidak hanya mengalami gangguan ingatan, namun juga mengalami gangguan kognitif lainnya, seperti inteligensi. Contoh dari demensia ialah Alzheimer. Sedangkan pada amnesia sendiri, informasi yang pernah diterima tidak hilang, hanya saja penderita lebih sulit untuk melakukan pemanggilan kembali informasi-informasi yang pernah diterimanya.

Daftar Pustaka

Baihaqi, MIF, dkk. 2007. Psikiatri – Konsep Dasar dan Gangguan-gangguan. Bandung: PT Refika Aditama.

Kompas, “Amnesia Amnestic Syndrome”. http://health.kompas.com/direktori/yourbody/126. (Diakses pada 03 Oktober 2012, pukul 22.28 WIB)

*Penulis adalah mahasiswa Prgram Studi Psikologi angkatan 2010
dan juga merupakan kader HMI K ISIP Brawijaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar